Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Empirik : Kelurahan Bendungan Semarang)

Authors

  • Luthfi Chakim Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharmaputra Semarang
  • Darsono Darsono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharmaputra Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59725/de.v28i2.53

Keywords:

Physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, empathy and community satisfaction.

Abstract

Based on the discussion, the result is a hypothesis test of physical evidence on community satisfaction with a t count = 2.300 > t table = 1.658 with a significance number = 0.024 <  = 0.05 (significant), thus the hypothesis (H1) that physical evidence positive effect on community satisfaction is proven. Test the reliability hypothesis on community satisfaction with t count = 1.298 < t table = 1.658 with a significance number = 0.198 >  = 0.05 (not significant), thus the hypothesis (H2) that reliability does not have a positive effect on community satisfaction is not proven . Test the responsiveness hypothesis on community satisfaction with t count = 2.897 > t table = 1.658 with a significance number = 0.005 < = 0.05 (significant), thus the hypothesis (H3) that responsiveness has a positive effect on community satisfaction is proven. Test the guarantee hypothesis on community satisfaction with t count = 1.734 > t table = 1.658 with a significance number = 0.086 >  = 0.05 (not significant), thus the hypothesis (H4) that guarantees have an insignificant positive effect on community satisfaction is not proven. Test the hypothesis of attention to community satisfaction with t count = 2.266 > t table = 1.658 with a significance number = 0.026 <  = 0.05 (significant), thus the hypothesis (H5) that attention has a positive effect on community satisfaction is proven.

References

Alfa Sakinata Marhadika. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Masayarakat Di Kantor Kecamatan Kenjeran Surabaya. Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 3, No. 12.

Andrianto Wahyu Eka Pratama. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus Pada Kantor Kelurahan Sondakan Kecamatan Laweyan

Kota Surakarta). Jurnal Ekonomi Manajemen. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dhion Gama Putra, Ratih Nur Pratiwi, Trisnawati. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Blitar). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 3, No. 12, Hal. 2118-2122

Djarwanto PS dan Pangestu Subagyo. 2011. Statistik Induktif. Edisi 4. Yogyakarta: Penerbit BPFE

Edi Sutrisno dan Joko Maryono. 2016. Pengaruh Kualitas Pepelayanan Dan Kinerja

Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat (Keluarganya Warga Binaan Pemasyarakatan) Pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Slawi. MULTIPLIER – Vol. I No. 1

Fandy Tjiptono & Gregorius Chandra. 2015. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Ghozali, Imam. 2016, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Jakarta: Mandar Maju

Ibnu, Widiyanto, 2008. Pointers: Metodologi Penelitian. Semarang: BP Undip

Juli Omar Sinaga dan Rahmat Hidayat.2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Di Kecamatan Nongsa Kota Batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis. Vol. 4, No. 1, July 2016, 7-14.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 25 Tahun 2004 tentang Indeks Kepuasan Masyarakat

Lukman, Sampara. 2000. Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA LAN Press

Marzuki, 2005, Metodologi Riset, Yogyakarata: Ekonisia

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara RI. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003. Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara RI. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: KEP/26/M.PAN/2/2004 tentang Petunjuk Teknis Transparansi dan Akuntabilitas dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Nasution. 2011. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management), Anggota IKPI, Ghalia Indonesia: Jakarta

Pasolong, Harbani. 2010. Teori Administrasi Publik, Alfabeta, Bandung

Sianipar. 2015. Manajemen Pelayanan Masyarakat, Lembaga Administrasi Negara RI, Jakarta.

Sinambela, Lijan, Poltak, dkk. 2011. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Administrasi, 2000. Rineka Cipta, Jakarta

Suryadi, Edy dan Hutomo, Doni. 2012. Pengaruh Bauran Pemasaran TErhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Kartu Prabayar IM3 di Kota Pontianak, Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 3 No. 1

Tjiptono, Anastasia Diana. 2016. Pemasaran Esensi dan Aplikasi, edisi ke-1, Yogyakarta: CV Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2015. Total Quality Service. Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi Offset

Widiaswari, R.R. 2012. Hubungan Antara Faktor Kemampuan Dengan Kinerja Pegawai Kecamatan Banjarbaru Kota. Jurnal pada Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Achmad Yani Banjarmasin: tidak diterbitkan.

Downloads

Published

2021-10-15

How to Cite

Luthfi Chakim, & Darsono Darsono. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Empirik : Kelurahan Bendungan Semarang). Dharma Ekonomi, 28(2), 36–49. https://doi.org/10.59725/de.v28i2.53

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.