Pengaruh Saluran Distribusi, Persepsi Harga dan Ketersediaan Produk terhadap Kepuasan Konsumen Gas Elpiji PT Arie Mulya Barutama Semarang
DOI:
https://doi.org/10.59725/de.v31i1.134Keywords:
Distribution, Channels, Price, Perception, ProductAbstract
The purpose of this research is to determine the influence of distribution channels, price perceptions, product availability on consumer satisfaction at PT. Arie Mulya Barutama Semarang. The population of this study was 140 customers. The samples taken using saturated sampling techniques were 140 respondents. This research data analysis tool uses multiple linear regression. The research results show that Distribution Channels have a positive effect on Consumer Satisfaction. This is shown by the calculated t value of 4.758 >1.655, with a sig value. equal to 0.000 < 0.05 (significant). Price Perception has a positive effect on Consumer Satisfaction. This is shown by the calculated t value being greater than the t table, namely 3.312 > 1.655, with a sig value. equal to 0.001<0.05 (significant). Product Availability has a positive effect on Consumer Satisfaction. This is shown by the calculated t value, which is 3.953 > 1.655, with a sig value. equal to 0.000 < 0.05 (significant).
References
Adnyana, D. G. A., & Suprapti, N. W. S. (2018). Pengaruh saluran distribusi dan persepsi harga terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Gojek di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(11). https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i11.p09
Apriando, J. P., Soesanto, H., & Indriani, F. (2019). Pengaruh kualitas produk dan ketersediaan produk terhadap keputusan pembelian dengan citra merek sebagai variabel intervening (Studi pada konsumen minuman energi M-150 di Kota Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 18(2), 166–183. https://doi.org/10.14710/jspi.v18i2.166-183
Arfifahani, D. (2018). Pengaruh nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan (Studi kasus Concordia Executive Lounge Terminal A Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta). Jurnal Ekobis Dewantara, 1(3), 42–47.
Astuti, R., & Hakim, M. A. (2021). Pengaruh label halal dan ketersediaan produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada 212 Mart di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 1–10. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO/article/view/6719
Bagaskara, B. S., Safitri, E., & Saukani. (2022). Analisis saluran distribusi pada volume penjualan di home industri keripik pisang. Jurnal Ekopendia: Jurnal Ekonom Dan Pendidikan, 7(1), 100–107. https://journal.universitasmerangin.ac.id/index.php/ekopendia/article/view/831
Chatrina, N. F., & Suwarto, S. (2022). Pengaruh harga, ketersediaan produk, dan kemasan terhadap kepuasan pelanggan saus lombok mas pada CV. Indosari Lombok Mas di Lampung Tengah. Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI, 2(1), 239–247. https://doi.org/10.24127/diversifikasi.v2i1.1077
Ghozali, I. (2019). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gonie, L. C. P. F., Tumbel, A., & Mandagie, Y. (2022). Pengaruh variasi produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian di rumah makan dan kopi Chamar Kawangkoan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(4), 224–232.
Hamdan, & Riski, M. S. (2022). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga terhadap kepuasan konsumen. 18(2), 35–46.
Hastono, H. (2019). Pengaruh saluran distribusi terhadap kepuasan pelanggan pada PT Frisian Flag Indonesia. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(3), 53–61. https://doi.org/10.32493/jee.v1i3.3459
Jandri, D., Ali, A., Salis, M., & Putra, R. (2022). The effect of product availability, selling price and service on the purchase decision of Semen Padang products at Reza Building Shop in Airtiris. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 4, 202–212. https://doi.org/10.55768/jrmi.v4i2.132
Jimmy, J., & Khoiri, M. (2023). Pengaruh personal selling, promosi dan ketersediaan produk terhadap keputusan pembelian handphone Advan PT Maju Telekomunikasi Batam. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 8(1), 90. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.918
Maharani, S. (2020). Pengaruh kualitas produk, saluran distribusi, persepsi harga terhadap keputusan pembelian Pizza Hut. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 2(1), 10–22. https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.548
Martoyo, A., & Mahardika, F. (2020). Pengaruh promosi dan distribusi terhadap kepuasan pelanggan pada PT Tiga Serangkai Internasional Cabang Bandung. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3, 1. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.3612
Nugraha, M., & Sumadi, S. (2020). Pengaruh saluran distribusi dan persepsi harga terhadap kepuasan pasien di rumah sakit Type C Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 11(2 SE-Articles), 97–102. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v11i2.1190
Pandeirot, A. A., Soegoto, A. S., & Kawet, R. C. (2021). Pengaruh kualitas produk dan distribusi terhadap kepuasan pelanggan pada PT.Unilever, TBK cabang Amurang di masa pandemi Covid-19. Jurnal EMBA, 9(4), 1303–1312.
Pramudita, D. T., Gunawan, N. F., Ningsih, M. C., & Adilah, R. (2022). Determinasi kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan: Harga dan kualitas produk. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 424–436.
Retno, D. (2020). Pengaruh kualitas produk dan persepsi harga terhadap kepuasan konsumen studio fotografi Calista Yogyakarta. Jurnal Tata Kelola Seni, 6(1), 53–65. https://doi.org/10.24821/jtks.v6i1.4115
Rismayanti, P. E., Telagawathi, N. L. W. S., & Mahardika, A. A. N. Y. M. (2022). Peran saluran distribusi dan pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan. Journal of Economics and Business UBS, 8(1), 1–17. https://doi.org/10.52644/joeb.v8i1.13
Santoso, J. B. (2019). Pengaruh kualitas produk, saluran distribusi, dan harga terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 16(01), 127–146. https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271
Septian, D., & Saputra, A. (2020). Pengaruh promosi dan saluran distribusi terhadap kepuasan konsumen Kepri Mall Daniel. Bhirawa: Jurnal of Marketing and Commerce, 5(1), 43–53.
Sugiharto, S., & Renata, M. (2020). Pengaruh ketersediaan produk dan harga terhadap pembelian ulang produk dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening dalam studi kasus air minum dalam kemasan (AMDK) Cleo di daerah Kelurahan Gunung Anyar Surabaya. Africa’s Potential for the Ecological Intensification of Agriculture, 53(9 AMDK), 1689–1699.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (ed. 2). ALFABET.
Suhardi, Y., Burda, A., Ridho, A., Zulkarnaini, Z., & Darmawan, A. (2022). Pengaruh persepsi harga, saluran distribusi dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi, 30(02), 75–86. https://doi.org/10.36406/jemi.v30i02.464
Utari, D., & Amanda, N. R. (2021). Pengaruh saluran distribusi dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada transportasi online Maxim di Kota Palembang. JEMBATAN (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, dan Akuntansi), 6(2), 121–127. https://doi.org/10.54077/jembatan.v6i2.62
Wahyuningtyas, M., & Sunrowijaya, S. (2018). Analisis kualitas produk dan saluran distribusi untuk meningkatkan penjualan pada UD Andre Jaya. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 3(2), 183–192.
Yusuf, A., & Dewi, N. A. (2021). Pengaruh persepsi manfaat dan kemudahan penggunaan terhadap kepuasan konsumen Ovo. Jurnal Manajemen, 11(1), 54–63. https://doi.org/10.26460/jm.v11i1.2168