Konsekuensi Pandangan pada Harga, Mutu Produk dan Lokasi pada Keputusan Pembelian

Studi Kasus Warung Makan Bu Jum Malangsari

Authors

  • Nia Widiana Ratri Universitas Semarang
  • Susanto Susanto Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59725/ema.v31i2.278

Keywords:

Location, Price Perception, Product Quality, Purchase Decision

Abstract

This study examines the impact of location, product quality, and price perception on decisions to buy at Warung Makan Gado-Gado Bu Jum in Malangsari. Determining the degree to which location, product quality, and price perception influence decisions to buy at Warung Makan Gado-Gado Bu Jum in Malangsari is the aim of this study. This study's data was gathered via a questionnaire that employed a Likert scale for measuring. Purposive sampling was used to choose 96 respondents who had made purchases from Warung Makan Gado-Gado Bu Jum in Malangsari while taking specific factors into account. Using SPSS version 25, the data analysis method employs multiple linear regression analysis, validity testing, trustworthiness testing, and traditional hypothesis testing. Price perception (X1), product quality (X2), and location (X3) all have a positive and significant impact on purchase decisions (Y), according to the research findings. This suggests that both price perception and location may improve the choices made when making purchases at Bu Jum's Gado-Gado restaurant in Malangsari. As indicated by the coefficient of determination (R2) of 0.736, location, product quality, and price perception account for 73.6% of the purchase decision variable, with other factors influencing the remaining 26.4%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprileny, I., Imalia, I., & Emarawati, J. A. (2020). Konsekuensi harga, fasilitas dan lokasi pada pemilihan pembelian. Ikraith Ekonomika, 4(3), 243–252. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/2409

Aprileny, I., Imalia, I., & Emarawati, J. A. (2020). Konsekuensi harga, fasilitas dan lokasi pada pemilihan pembelian. Ikraith Ekonomika, 4(3), 243–252. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/2409

Aprilianti, P., Sutrisna, A., & Lestari, S. P. (2023). Konsekuensi positioning dan lokasi pada pemilihan pembelian (survei pada konsumen Kedai Caffee Wartel). Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan, 2(3), 16–33. https://doi.org/10.55606/jempper.v2i3.2104

Astuti, Y., Faisal, H., & Zulkarnain, M. (2021). Konsekuensi harga, mutu produk dan mutu pelayanan pada pemilihan pembelian pada rumah makan Ayam Penyet Cabe Ijo Kota Langsa. Ihtiyath: Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 5(1). https://doi.org/10.32505/ihtiyath.v5i1.2573

Astuti, Y., Faisal, H., & Zulkarnain, M. (2021). Konsekuensi harga, mutu produk dan mutu pelayanan pada pemilihan pembelian pada Rumah Makan Ayam Penyet Cabe Ijo Kota Langsa. Ihtiyath: Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 5(1). https://doi.org/10.32505/ihtiyath.v5i1.2573

Azizah, S., & Prasetio, A. (2019). Data pengunjung Kanz Coffee. Almana: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(2), 348–359.

Azizah, S., & Prasetio, A. (2019). Data pengunjung Kanz Coffee. Almana: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(2), 348–359.

Ernawati, R. (2021). Analisis konsekuensi promosi, harga, dan citra merek pada pemilihan pembelian pada situs e-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663

Ernawati, R. (2021). Analisis konsekuensi promosi, harga, dan citra merek pada pemilihan pembelian pada situs e-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663

Handayani, J. (2022). Konsekuensi mutu produk pada pemilihan pembelian konsumen di Samakoi Farm, Purbalingga. Economics, Social and Humanities Journal (Esochum), 1(2). https://jurnal.unupurwokerto.ac.id/index.php/esochum

Handayani, J. (2022). Konsekuensi mutu produk pada pemilihan pembelian konsumen di Samakoi Farm, Purbalingga. Economics, Social and Humanities Journal (Esochum), 1(2). https://jurnal.unupurwokerto.ac.id/index.php/esochum

Hidayat, T. (2020). Analisis konsekuensi produk, harga, promosi dan lokasi pada pemilihan pembelian.

Hidayat, T. (2020). Analisis konsekuensi produk, harga, promosi dan lokasi pada pemilihan pembelian.

Kapirossi, B., & Probowo, R. E. (2023). Konsekuensi mutu produk, pandangan pada harga, dan citra merek pada pemilihan pembelian (Studi di Antariksa Kopi Semarang). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(25), 66–73. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.929

Kapirossi, B., & Probowo, R. E. (2023). Konsekuensi mutu produk, pandangan pada harga, dan citra merek pada pemilihan pembelian (Studi di Antariksa Kopi Semarang). Ekonomis, 7(25), 66–73. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.929

Kevin, Irwansyah, D., Sylvia, R. V., & Arif, A. (2024). Analisis konsekuensi servant leadership dan employee empowerment pada kinerja karyawan melalui organizational citizenship behavior sebagai konstruk intervening (Studi pada PT. PLN (Persero) UIP3B Sumatera UPT Medan). Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 42–50.

Kevin, Irwansyah, D., Sylvia, R. V., & Arif, A. (2024). Analisis konsekuensi servant leadership dan employee empowerment pada kinerja karyawan melalui organizational citizenship behavior sebagai konstruk intervening (Studi pada PT. PLN (Persero) UIP3B Sumatera UPT Medan). Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 42–50.

Maharani, S. (2020). Konsekuensi mutu produk, mutu pelayanan, dan pandangan pada harga pada pemilihan pembelian Pizza Hut. IQTISHADequity: Jurnal Manajemen, 2(1), 10–22. https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.548

Maharani, S. (2020). Konsekuensi mutu produk, mutu pelayanan, pandangan pada harga pada pemilihan pembelian Pizza Hut. IQTISHADequity: Jurnal Manajemen, 2(1), 10–22. https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.548

Mari Angela Ci, R. (2021). Konsekuensi mutu produk dan promosi pada pemilihan pembelian rumah di Golden City Residence Kota Batam.

Mariangela, C. I. R. (2021). Konsekuensi mutu produk dan promosi pada pemilihan pembelian rumah di Golden City Residence Kota Batam.

Mengko, L. N., Jan, A. B. H., & Sumarauw, J. S. B. (2023). Analisis strategi lokasi dan layout pada McDonald’s Kawasan Megamas. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(4), 1445–1453. https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.51770

Mengko, L. N., Jan, A. B. H., & Sumarauw, J. S. B. (2023). Analisis strategi lokasi dan layout pada McDonald’s kawasan Megamas. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(4), 1445–1453. https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.51770

Ninggrum, A. S., & Purnama, I. (2021). Analisis konsekuensi pandangan pada harga dan mutu produk pada pemilihan pembelian pada Toko Putri Agata. Jurnal Dimensi, 10(3), 510–526. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms

Ninggrum, A. S., & Purnama, I. (2021). Analisis konsekuensi pandangan pada harga dan mutu produk pada pemilihan pembelian pada Toko Putri Agata. Jurnal Dimensi, 10(3), 510–526. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms

Nugroho, I. A., Made, I., & Dirgantara, B. (2021). Konsekuensi mutu produk, citra merek dan pemasaran online pada pemilihan pembelian (Studi pada PT. Havindo Pakan Optima). Diponegoro Journal of Management, 10(1), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Pristiawan, H. E., Mariah, & Bahasoan, S. (2022). NMaR: Nobel Management Review. https://www.bps.go.id/website/images/Keadaan-Ketenagakerjaan-Indonesia-Agustus-

Putri, A. V. (2022). Konsekuensi pandangan pada harga, lokasi, dan word of mouth pada pemilihan pembelian di Tahu Gejrot Mitoha Galak. Formousa Journal of Multidiciplinary Research (FJMR), 1(3), 835–850.

Ragasya, A. (2022). Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online).

Rohman Hidayat, M., & Utamaningsih, A. (2023). Konsekuensi mutu produk, harga dan lokasi pada pemilihan pembelian di Rumah Makan Cak Kodir Lumajang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9.

Salman, P., & Juwita, R. (2021). Konsekuensi pandangan pada harga, lokasi dan mutu produk pada pemilihan pembelian. Equilibrium: Jurnal Study Pendidikan dan Ekonomi, 18(1), 41–53. https://doi.org/10.25134/equi.v18i01

Satdiah, A., Siska, E., & Indra, N. (2023). Konsekuensi harga dan mutu produk pada pemilihan pembelian konsumen pada Toko Cat De’lucent Paint. CiDEA Journal, 2(1), 24–37. https://doi.org/10.56444/cideajournal.v2i2.775

Suharlina. (2023). Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 2(1), 2656–6265.

Utomo, D. P., & Khasanah, I. (2018). Analisis konsekuensi pandangan pada harga, lokasi pelanggan, mutu produk dan mutu pelayanan pada pemilihan pembelian (Studi pada Super Sambel Semarang Cabang Lamper). Diponegoro Journal of Management, 7(4), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Yuliana, S., & Maskur, A. (2022). Konsekuensi mutu produk, pandangan pada harga, mutu layanan. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(c), 559–573. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1772

Downloads

Published

2025-11-03

How to Cite

Nia Widiana Ratri, & Susanto Susanto. (2025). Konsekuensi Pandangan pada Harga, Mutu Produk dan Lokasi pada Keputusan Pembelian: Studi Kasus Warung Makan Bu Jum Malangsari. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 31(2), 01–15. https://doi.org/10.59725/ema.v31i2.278

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.