Konsekuensi Pandangan pada Harga, Mutu Produk dan Lokasi pada Keputusan Pembelian
Studi Kasus Warung Makan Bu Jum Malangsari
DOI:
https://doi.org/10.59725/ema.v31i2.278Keywords:
Location, Price Perception, Product Quality, Purchase DecisionAbstract
This study examines the impact of location, product quality, and price perception on decisions to buy at Warung Makan Gado-Gado Bu Jum in Malangsari. Determining the degree to which location, product quality, and price perception influence decisions to buy at Warung Makan Gado-Gado Bu Jum in Malangsari is the aim of this study. This study's data was gathered via a questionnaire that employed a Likert scale for measuring. Purposive sampling was used to choose 96 respondents who had made purchases from Warung Makan Gado-Gado Bu Jum in Malangsari while taking specific factors into account. Using SPSS version 25, the data analysis method employs multiple linear regression analysis, validity testing, trustworthiness testing, and traditional hypothesis testing. Price perception (X1), product quality (X2), and location (X3) all have a positive and significant impact on purchase decisions (Y), according to the research findings. This suggests that both price perception and location may improve the choices made when making purchases at Bu Jum's Gado-Gado restaurant in Malangsari. As indicated by the coefficient of determination (R2) of 0.736, location, product quality, and price perception account for 73.6% of the purchase decision variable, with other factors influencing the remaining 26.4%.
Downloads
References
Aprileny, I., Imalia, I., & Emarawati, J. A. (2020). Konsekuensi harga, fasilitas dan lokasi pada pemilihan pembelian. Ikraith Ekonomika, 4(3), 243–252. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/2409
Aprileny, I., Imalia, I., & Emarawati, J. A. (2020). Konsekuensi harga, fasilitas dan lokasi pada pemilihan pembelian. Ikraith Ekonomika, 4(3), 243–252. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/2409
Aprilianti, P., Sutrisna, A., & Lestari, S. P. (2023). Konsekuensi positioning dan lokasi pada pemilihan pembelian (survei pada konsumen Kedai Caffee Wartel). Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan, 2(3), 16–33. https://doi.org/10.55606/jempper.v2i3.2104
Astuti, Y., Faisal, H., & Zulkarnain, M. (2021). Konsekuensi harga, mutu produk dan mutu pelayanan pada pemilihan pembelian pada rumah makan Ayam Penyet Cabe Ijo Kota Langsa. Ihtiyath: Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 5(1). https://doi.org/10.32505/ihtiyath.v5i1.2573
Astuti, Y., Faisal, H., & Zulkarnain, M. (2021). Konsekuensi harga, mutu produk dan mutu pelayanan pada pemilihan pembelian pada Rumah Makan Ayam Penyet Cabe Ijo Kota Langsa. Ihtiyath: Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 5(1). https://doi.org/10.32505/ihtiyath.v5i1.2573
Azizah, S., & Prasetio, A. (2019). Data pengunjung Kanz Coffee. Almana: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(2), 348–359.
Azizah, S., & Prasetio, A. (2019). Data pengunjung Kanz Coffee. Almana: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(2), 348–359.
Ernawati, R. (2021). Analisis konsekuensi promosi, harga, dan citra merek pada pemilihan pembelian pada situs e-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663
Ernawati, R. (2021). Analisis konsekuensi promosi, harga, dan citra merek pada pemilihan pembelian pada situs e-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663
Handayani, J. (2022). Konsekuensi mutu produk pada pemilihan pembelian konsumen di Samakoi Farm, Purbalingga. Economics, Social and Humanities Journal (Esochum), 1(2). https://jurnal.unupurwokerto.ac.id/index.php/esochum
Handayani, J. (2022). Konsekuensi mutu produk pada pemilihan pembelian konsumen di Samakoi Farm, Purbalingga. Economics, Social and Humanities Journal (Esochum), 1(2). https://jurnal.unupurwokerto.ac.id/index.php/esochum
Hidayat, T. (2020). Analisis konsekuensi produk, harga, promosi dan lokasi pada pemilihan pembelian.
Hidayat, T. (2020). Analisis konsekuensi produk, harga, promosi dan lokasi pada pemilihan pembelian.
Kapirossi, B., & Probowo, R. E. (2023). Konsekuensi mutu produk, pandangan pada harga, dan citra merek pada pemilihan pembelian (Studi di Antariksa Kopi Semarang). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(25), 66–73. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.929
Kapirossi, B., & Probowo, R. E. (2023). Konsekuensi mutu produk, pandangan pada harga, dan citra merek pada pemilihan pembelian (Studi di Antariksa Kopi Semarang). Ekonomis, 7(25), 66–73. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.929
Kevin, Irwansyah, D., Sylvia, R. V., & Arif, A. (2024). Analisis konsekuensi servant leadership dan employee empowerment pada kinerja karyawan melalui organizational citizenship behavior sebagai konstruk intervening (Studi pada PT. PLN (Persero) UIP3B Sumatera UPT Medan). Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 42–50.
Kevin, Irwansyah, D., Sylvia, R. V., & Arif, A. (2024). Analisis konsekuensi servant leadership dan employee empowerment pada kinerja karyawan melalui organizational citizenship behavior sebagai konstruk intervening (Studi pada PT. PLN (Persero) UIP3B Sumatera UPT Medan). Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 42–50.
Maharani, S. (2020). Konsekuensi mutu produk, mutu pelayanan, dan pandangan pada harga pada pemilihan pembelian Pizza Hut. IQTISHADequity: Jurnal Manajemen, 2(1), 10–22. https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.548
Maharani, S. (2020). Konsekuensi mutu produk, mutu pelayanan, pandangan pada harga pada pemilihan pembelian Pizza Hut. IQTISHADequity: Jurnal Manajemen, 2(1), 10–22. https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.548
Mari Angela Ci, R. (2021). Konsekuensi mutu produk dan promosi pada pemilihan pembelian rumah di Golden City Residence Kota Batam.
Mariangela, C. I. R. (2021). Konsekuensi mutu produk dan promosi pada pemilihan pembelian rumah di Golden City Residence Kota Batam.
Mengko, L. N., Jan, A. B. H., & Sumarauw, J. S. B. (2023). Analisis strategi lokasi dan layout pada McDonald’s Kawasan Megamas. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(4), 1445–1453. https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.51770
Mengko, L. N., Jan, A. B. H., & Sumarauw, J. S. B. (2023). Analisis strategi lokasi dan layout pada McDonald’s kawasan Megamas. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(4), 1445–1453. https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.51770
Ninggrum, A. S., & Purnama, I. (2021). Analisis konsekuensi pandangan pada harga dan mutu produk pada pemilihan pembelian pada Toko Putri Agata. Jurnal Dimensi, 10(3), 510–526. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms
Ninggrum, A. S., & Purnama, I. (2021). Analisis konsekuensi pandangan pada harga dan mutu produk pada pemilihan pembelian pada Toko Putri Agata. Jurnal Dimensi, 10(3), 510–526. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms
Nugroho, I. A., Made, I., & Dirgantara, B. (2021). Konsekuensi mutu produk, citra merek dan pemasaran online pada pemilihan pembelian (Studi pada PT. Havindo Pakan Optima). Diponegoro Journal of Management, 10(1), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Pristiawan, H. E., Mariah, & Bahasoan, S. (2022). NMaR: Nobel Management Review. https://www.bps.go.id/website/images/Keadaan-Ketenagakerjaan-Indonesia-Agustus-
Putri, A. V. (2022). Konsekuensi pandangan pada harga, lokasi, dan word of mouth pada pemilihan pembelian di Tahu Gejrot Mitoha Galak. Formousa Journal of Multidiciplinary Research (FJMR), 1(3), 835–850.
Ragasya, A. (2022). Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online).
Rohman Hidayat, M., & Utamaningsih, A. (2023). Konsekuensi mutu produk, harga dan lokasi pada pemilihan pembelian di Rumah Makan Cak Kodir Lumajang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9.
Salman, P., & Juwita, R. (2021). Konsekuensi pandangan pada harga, lokasi dan mutu produk pada pemilihan pembelian. Equilibrium: Jurnal Study Pendidikan dan Ekonomi, 18(1), 41–53. https://doi.org/10.25134/equi.v18i01
Satdiah, A., Siska, E., & Indra, N. (2023). Konsekuensi harga dan mutu produk pada pemilihan pembelian konsumen pada Toko Cat De’lucent Paint. CiDEA Journal, 2(1), 24–37. https://doi.org/10.56444/cideajournal.v2i2.775
Suharlina. (2023). Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 2(1), 2656–6265.
Utomo, D. P., & Khasanah, I. (2018). Analisis konsekuensi pandangan pada harga, lokasi pelanggan, mutu produk dan mutu pelayanan pada pemilihan pembelian (Studi pada Super Sambel Semarang Cabang Lamper). Diponegoro Journal of Management, 7(4), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Yuliana, S., & Maskur, A. (2022). Konsekuensi mutu produk, pandangan pada harga, mutu layanan. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(c), 559–573. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1772



