Loyalitas Generasi Milenial terhadap Mie Instan Sedaap

Authors

  • Ronaldo Aprili Universitas Sains dan Teknologi Komputer

DOI:

https://doi.org/10.59725/ema.v31i1.276

Keywords:

produk lokal, keputusan pembelian, kualitas produk, nasionalisme

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sejauh mana citra merek dan kualitas produk dapat memengaruhi loyalitas konsumen generasi milenial terhadap Mie Instan Sedaap, dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi. Generasi milenial dipilih sebagai fokus karena mereka merupakan kelompok usia produktif yang memiliki karakteristik konsumsi yang unik, kritis terhadap merek, dan cenderung loyal terhadap produk yang sesuai dengan nilai dan preferensi mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 100 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan kualitas produk tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan. Namun, secara langsung, baik citra merek maupun kualitas produk terbukti berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Sementara itu, kepuasan konsumen tidak memiliki pengaruh langsung terhadap loyalitas, dan tidak berperan sebagai mediator antara citra merek maupun kualitas produk terhadap loyalitas. Temuan ini memberikan wawasan bagi produsen Mie Sedaap dalam merancang strategi merek yang lebih relevan dengan nilai-nilai generasi milenial untuk meningkatkan loyalitas mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-05-20

How to Cite

Ronaldo Aprili. (2024). Loyalitas Generasi Milenial terhadap Mie Instan Sedaap. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 31(1), 286–301. https://doi.org/10.59725/ema.v31i1.276

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.