Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada CV Mulia Utama Semarang

Authors

  • Jonet Setiaji STIE Dharmaputra Semarang
  • SB Handayani STIE Dharmaputra Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59725/de.v29i1.43

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi Terhadap keputusan pembelian Pada CV Mulia Utama Semarang. Metode pengumpulan data menggunakan kusioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Sampel sebanyak 97 responden merupakan konsumen Pada CV Mulia Utama Semarang. Berdasarkan hasill pengujian Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hasil ini terbukti karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 3,369 > 1,661  dengan nilai sig. sebesar 0,001 < 0,05 dengan nilai koefisien regresi 0,242 maka dapat artikan bahwa semakin tinggi kualitas produk maka, semakin tinggi tingkat keputusan pembelian konsumen. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hasil ini terbukti karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 6,738 > 1,661  dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai koefisien regresi 0,544 maka dapat artikan bahwa semakin sesuai harga yang diberikan maka, semakin tinggi tingkat keputusan pembelian konsumen. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hasil ini terbukti karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 2,442 > 1,661  dengan nilai sig. sebesar 0,017 < 0,05 dengan nilai koefisien regresi 0,193 maka dapat artikan bahwa semakin tinggi promosi yang diberikan maka, semakin tinggi tingkat keputusan pembelian konsumen.

References

Alim, Shilachul Alfinul, dkk. 2018. Pengaru Label Halal dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Feyen Muslim. Jurnal Administrasi Bisnis.

Antonius, Ong & Sugiharto, Sugiono, (2013), Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan di Cincau Station Surabaya, Jurnal Manajemen Pemasaran, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Anwar, Iful, dan Satrio, Budhi. 2015. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol.4. No.12.

Amilia dan Asmara. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa.Jurnal Manajemen dan Keuangan.Volume 6 (1): 660-669

Arianto, N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 12-22.

Ariella, Irfan Rizqullah. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain ProdukTerhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid”. Jurnal Manajemen dan Start-UpBisnis Volume 3, Nomor 2.

Aristo, Stephanus Felix . 2016. Pengaruh Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Woles Chips, Jurnal Manajemen dan Start-Up BisnisVol.1,No 4

Arumsari, D,. (2012). Analisis pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan merek Aqua. E-Jurnal undi.

Astuti, Rini. dan Abdullah, Ikhsan. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Ilman. Jil. 5 No. 2, September 2017. (ISSN 2355-1488)

Evelina, Nela. DW, Handoyo. dan Listyorini, Sari. 2012. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Perdana Telkomsflexi, Diponogoro Journal of Social and Politic http://download.portalgaruda.org/article.php?article=74880&val=4721 (Diakses pada 18 November 2016. Pukul 20.00)

Fandy Tjiptono. 2005. Brand Management and strategy. Edisi Pertama. Andi : Yogyakarta

Fatmaningrum, S. R., Susanto, S., & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(1), 176-188.

Gerung, Christy, Jacklin. Jantje, Sepang. Sjendry, Loindong. 2017. Pengeruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan XTrail Pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA, Vol. 5, No.2, ISSN 2303-1174, Hal:2221-2229.

Ghozali. Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Habibah, Ummu. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi & Bisnis. Vol. 1, No. 1 , Maret 2016..

Imam Heryanto., 2015., Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya pada Kepuasan Pelanggan, Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, Vol. 9, No. 2, Pp. 80-101.

Indah Siti Mahmudah., Monika Tiarawati. 2013. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pond’s Flawless White, Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 1, No.3, Hal 837-847.

Joshua, Davin. Metta, Padmalia. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Entrepreneur dan Enterpreneueship, Vol. 5, No.1, Hal: 27-32. Surabaya.

Kodu, S. (2013). Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Kotler, Philip, (2005), Manajemen Pemasaran Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1 dan 2, Jakarta. PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, dan Armstrong. (2008). Prinsip – Prinsip Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2007). Manajemen Pemasaran, Ed12. Jilid 2. Penerbit PT Indek: Jakarta.Indeks : Jakarta.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran, edisi ke -13: Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran, edisi ke -13: Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lomboan, R., Tampi, J. R., & Mukuan, D. D. (2020). Gaya Hidup dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Starbucks Manado Town Square. Productivity, 1(3), 256-260.

Oktarini, R. (2020). Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Tangerang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 52-58.

Ong I,. A, & Sugiharto S,. (2013). Analisis Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitar Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pelanggan di Cincau Stasion Surabaya. Jurnal strategi Pemasaran, 1(2).

Ristanti, A., & Iriani, S. S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Nature Republic Di Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 1026-1037.

Saidani, Basrah, Rachman, Aulia dan Rizan, Mohamad. 2013 “Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Futsal Adidas di Wilayah Jakarta Timur” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen: Volume 4, Nomor 2

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38-51.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmawati, N., & Ekasasi, S. R. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Sehat Soyjoy. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 17-28.

Tjiptono, Fandy (1999) Kualitas Jasa: Pengukuran, Keterbatasan dan Implikasi Manojemen, Majalah Usahawan, No.3 Th. XXVII, Maret.

Tjiptono. 2001. Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta: BPFE

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga. Andi, Yogyakarta.

Zulaicha, Santri dan Rusda Irawati. 2016. Pengaruh Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Morning Bakery Batam. Inovbiz: Jurnal Inovasi dan Bisnis. Vol. 4 No. 2.

Downloads

Published

2023-03-21

How to Cite

Jonet Setiaji, & SB Handayani. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada CV Mulia Utama Semarang. Dharma Ekonomi, 29(1), 32–47. https://doi.org/10.59725/de.v29i1.43